Blitar KitaDaerah

Tour De Pirikan Diusulkan Jadi Agenda Kegiatan Nasional

Miftah Ahsan
Miftah Ahsan bersama rekan alumni SMA Taruna Nusantara. Sabtu (8/9/2018).

BLITAR, MJnews — Tour De Pirikan diusulkan jadi agenda kegiatan nasional. Tour De Pirikan (TDP) merupakan salah satu event tahunan yang di selenggarakan oleh Ikastara (Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara). TDP 2018 selain diikuti oleh para pesepeda Ikastaran, juga diikuti peserta umum dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada satu peserta dari Singapore.

“Karena banyaknya peminat yang ikut. Jadi besar kemungkinan TDP berikutnya bisa meningkat jadi event nasional bahkan internasional,” ujar Miftah Ahsan, Lulusan SMA Taruna Nusantara saat peserta TDP beristirahat di taman wisata Bukit Bunda, Blitar, Jawa Timur, Sabtu (8/9/2018).

“Kegiatan TDP adalah tour sepeda yang tadinya hanya diikuti oleh alumni, dalam rangka secara simbolis balik ke kampus SMA TN yang terletak di Pirikan, Magelang,” ujarnya lagi.

Baca Juga:  Polisi Gelar Sidak, Ternyata Ini Penyebab Elpiji 3 Kg di Kota Blitar Langka

Menurut Miftah, peserta TDP dilepas oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini di Surabaya. Etape pertama TDP dari Surabaya menuju Blitar, dengan pemberhentian terakhir di kawasan Wisata Bukit Bunda Blitar.

“Di sini peserta memberikan bantuan sosial berupa pembagian bibit tanamam bunga harum, dalam hal ini bunga melati,” ujar Miftah yang menjelaskan ada 100 keluarga yang masing-masing mendapat tiga bibit.

Miftah menjelaskan, pemberian bibit bunga melati ini bertujuan agar keindahan di kawasan itu semerbak harumnya seharum bunga melati.

“Selain itu, juga menambah keindahan dan memberikan penghijauan bagi kawasan itu,” ujarnya.

Menurut Miftar, harum melati dapat mengurasi polusi bau yang ditebarkan oleh peternakan ayam yang banyak bertebaran di sekitar kawasan Bukit Bunda. Diantaranya ada di Desa Dawuhan, Kabupaten Blitar.

Baca Juga:  Puluhan Korban Perekrutan Ilegal Damkar Kabupaten Blitar Menutut Kejelasan Nasib

Selain itu, Miftah juga menjelaskan, setelah tanaman tersebut produktif, maka pihak Bukit Bunda akan membeli bunga petik yang dihasilkan masyarakat untuk di suling, dan dijadikan essentials oil.

“Dengan cara ini, maka masyarakat akan mendapatkan efek peningkatan ekonomi dari usaha penanaman bunga yang bibitnya diberikan oleh peserta TDP.

Tags

Leave a Reply

Close