Internasional

Setelah Depak China, AS Jadikan Meksiko Mitra Dagang Utama

WASHINGTON DC, MJNewsKebuntuan antara Washington dan Beijing telah menyebabkan China kehilangan posisinya sebagai mitra dagang utama AS.

Hal ini merupakan sebuah perubahan yang dapat dipercepat ketika Presiden Donald Trump bergerak untuk menaikkan tarif lebih tinggi lagi.

Data yang dirilis Jumat (2/8/2019) pekan lalu menunjukkan bahwa Meksiko adalah mitra dagang utama untuk paruh pertama tahun 2019 ini, diikuti oleh Kanada. Impor dari China turun sebesar 12%, dan ekspor AS ke China turun 19%.

Alasannya karena tarif murah dan hambatan lain yang diberlakukan oleh Washington dan Beijing merenggut nyawa mereka. “Ini adalah penurunan dua digit setelah lebih dari 30 tahun pertumbuhan yang stabil dan sangat besar,” kata C. Fred Bergsten, direktur pendiri Institut Peterson untuk Ekonomi Internasional seperti mengutip marketwatch.com.

Baca Juga:  Pengadilan Militer Mesir Vonis Mati 17 Pelaku Bom Gereja Koptik

“Ini memiliki konotasi dan implikasi yang jauh lebih luas dari sekedar ekonomi, serius seperti itu.”

Setelah memegang posisi teratas di antara mitra dagang AS dari 2015 hingga 2018, China sekarang duduk di posisi ke-3. Saat ini lebih kecil dari Meksiko untuk pertama kalinya sejak 2005. Perselisihan tarif, bersama dengan pendinginan pertumbuhan ekonomi global, telah berkontribusi pada stagnasi total ekspor AS ke dunia dan meluasnya defisit perdagangan. [gwd]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close