Daerah

Produksi Ikan Temanggung Belum Mampu Penuhi Kebutuhan

TEMANGGUNG, MJNEWS — Jumat (2/11/2018), Produksi Ikan Temanggung Belum Mampu Penuhi Kebutuhan. Produksi ikan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sekitar 10.000 ton per tahun belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut.

Antara melansir, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Slamet Saryono di Temanggung, Jumat, mengatakan kebutuhan ikan di Temanggung sekitar 13.000 ton per tahun sehingga masih terdapat kekurangan sekitar 3.500 ton.

Ia mengatakan, untuk memenuhi kekurangan tersebut terpaksa harus mendatangkan ikan dari daerah lain. “Kekurangannya sekitar 3.500 ton tersebut antara lain dipenuhi dengan ikan laut yang didatangkan dari pantai utara Jawa,” katanya.

Ia mengatakan, untuk menunjang penyediakan ikan segar dari laut Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung menyediakan sarana dan prasarana, memberikan bantuan untuk pengolahan ikan laut supaya ikan laut yang dijual di Temanggung ini tetap segar.

Baca Juga:  IPB Undang BNPT

“Kami memberikan sarana prasarana untuk pengolahannya, antara lain dengan pengasapan dan pembuatan pindang,” katanya.

Ia menyebutkan produksi ikan di Temanggung sekitar 10.000 ton per tahun, terdiri atas ikan budi daya di kolam sekitar 5.900 ton, produksi mina padi sekitar 3.300 ton, kemudian penangkapan dari perairan umum 700 ton.

Slamet mengatakan untuk meningkatkan produksi ikan tersebut, pihaknya terus antara lain berupaya melakukan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat untuk budi daya ikan di kolam maupun sistem mina padi

Sementara itu tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Temanggung, masih rendah yakni baru mencapai 18,69 kilogram/kapita/tahun, jauh di bawah angka konsumsi Provinsi Jateng.

Angka konsumsi ikan tersebut masih di bawah tingkat provinsi Jawa Tengah sebesar 26 kilogram/kapita/tahun maupun tingkat nasional sebesar 43 kilogram/kapita/tahun.

Baca Juga:  Penumpang KA Rangkasbitung-Merak, Keluhkan Pelayanan KAI

Leave a Reply

Close