Internasional

Presiden Donald Trump Pertimbangkan Blokade Venezuela

Washington DC, MJNewsPresiden AS Donald Trump mengatakan sedang mempertimbangkan akan memblokade atau mengkarantina Venezuela, yang masih terus dikuasai oleh Presiden Nicolas Maduro.

Trump tidak memberikan rincian tentang rencana itu ketika menjawab pertanyaan wartawan, demikian VOA, Jumat (2/8/2019). Ia ditanya tentang dukungan yang diberikan China dan Iran kepada pemerintahan Maduro.

Rusia dan Kuba juga telah mengirim pasukan ke Venezuela untuk membantu Maduro.

Trump selama ini selalu mengatakan bahwa opsi militer tetap dipertimbangkan, tapi sedemikian jauh ia hanya menggunakan sanksi-sanksi ekonomi dan dukungan dari sejumlah negara lain untuk mendorong supaya Maduro turun.

Pemerintah AS adalah yang pertama yang mengakui tokoh oposisi Juan Guaido sebagai presiden Venezuela yang sah setelah ia menggunakan kekuasaan konstitusionalnya sebagai ketua Dewan Nasional untuk menyatakan pemerintahan Maduro tidak sah.

Baca Juga:  Pesawat Delegasi APEC Parkir di Bandara Sentani

Kata Guaido, pemilihan kembali Maduro tahun lalu dilakukan dengan curang. Guaido permulaan tahun ini memimpin kampanye untuk menggeser Maduro, tapi kini usaha itu tampaknya sudah kehabisan tenaga.

Jatuhnya harga-harga energi dunia, korupsi dan kegagalan kebijakan pemerintahan sosialis telah merusak perekonomian Venezuela. Jutaan orang telah melarikan diri dari negara itu, karena kurangnya bahan bakar, obat-obatan dan banyak bahan pokok. [sumber: voa]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close