Blitar Kita

Polres Blitar Larang Deklarasi Gerakan #2019gantipresiden Sebelum Masa Kampanye

BLITAR, MJNews – Menjelang pemilu 2019, Polres Blitar aktif mengamati kondisi kamtibnas di masyarakat. Salah satu yang paling disoroti adalah gerakan deklarasi hastag yang kini lagi ramai #2019gantipresiden.

Kapolres Blitar, AKBP Anisullah M Ridha, melarang warga di wilayah hukum Polres Blitar untuk mendeklarasikan ganti presiden. Jika ada yang demikian pihaknya tidak segan untuk membubarkan deklarasi ini.

Pada Jumat (31/8/2018), Kapolres Blitar menjelaskan alasan pelarangan tersebut, “Sebenarnya seperti KPU katakan ganti presiden ini tidak papa asal pada masa kampanye. Kalau sekarang ada deklarasi pasti ada ketersinggungan dan penolakan. Maka kita tidak menghendaki masyarakat melakukan deklarasi untuk saat ini yang belum masuk momen kampanye.”

Baca Juga:  Tanggapan Tenaga Honorer K2 Blitar Atas Rapat Paripurna DPRD

Menurut Anis, sikap ini diambil berdasarkan pertimbangan melihat dengan scope lebih besar, yaitu Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas). Bila deklarasi dilakukan tidak pada waktunya dan sampai menimbulkan kericuhan maka polisi tidak segan mengambil sikap tegas.

“Kita utamakan harkamtibmas di masyarakat luas. Kalau deklarasi belum pada masa kampanye pasti ada pergeseran dan pihak lain. Pergeseran ini lalu muncul konflik dan kalau sudah begini yang dirugikan masyarakat. Maka dari itu untuk mencegah ini polisi perlu bertindak melakukan pencegahan sejak awal,” ujarnya.

 

Tags

Leave a Reply

Close