Daerah

Pemerintah Segera Bangun Pos Lintas Batas Kaltara

TANJUNG SELOR, MJNEWS — Jumat (2/11/2018), pemerintah berencana segera merealisasikan membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Utara (Kaltara).

“Dari empat PLBN yang diusulkan ke pemerintah pusat, dua di antaranya akan mulai dibangun 2019,” kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, di Tanjung Selor, Kamis (1/11/2018), seperti dilansir Antara.

Kedua PLBN berada di Sei Pancang, Kecamatan Sebatik, dan Long Midang, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan.

Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp328 miliar untuk kedua PLBN ini.

Gubernur Kaltara mengucapkan terima kasih dukungan semua pihak dalam membangun perbatasan, khususnya pemerintah pusat. Secara teknis, kontrak pembangunannya menunggu ditandatangani instruksi presiden (inpres) yang draftnya sudah selesai sejak lama.

Baca Juga:  Megawati Hadiri Haul Soekarno ke-48

Diperkirakan paling lambat PLBN ini akan dilelang pada akhir tahun 2018. Pembangunan PLBN ini menggunakan sistem kontrak tahun jamak (multiyears contract) yang ditargetkan selesai pada tahun 2020.

Desain PLBN ini sudah selesai. Modelnya, menyesuaikan kultur budaya di daerah PLBN itu berada, Bertujuan untuk memberikan kecintaan masyarakat terhadap negara sehingga pembangunan dengan pendekatan budaya setempat.

Leave a Reply

Close