Pendidikan

MENYAMBUT PERINGATAN RAPAT RAKSASA IKADA 19 SEPTEMBER 1945

Oleh: Beny Rusmawan

MENYAMBUT PERINGATAN RAPAT RAKSASA IKADA 19 SEPTEMBER 1945SAAT INGGRIS MULAI SADAR INI BANGSA MERDEKA!

” The men came from all corners of batavia, they did not care even though the Japanese army faced, but they were staring into the field. while Soekarno only briefly talked in front of thousands of his people … well this is reality, a new country has been born.”

Tertanda, Letnan Kolonel Lawrance van Der Post

 

Laporan Letnan Kolonel Lawrence Van Der Post pada atasanya wakil panglima tertinggi SEAC yakni Laksamana Muda W.R.Patterson.

Tanggal 18 September 1945, Intel tentara Inggris yang tergabung dalam gugus tugas SEAC atau South East Asia Command sudah bersiap siap dengan berita akan ada masa yg berkumpul di lapangan IKADA.

Baca Juga:  Manuskrip Voynich

Sebagai penguasa perang sudah tentu Inggris tak bisa diam, karena perubahan apapun di tanah bekas jajahan Belanda ini adalah tanggung jawab mereka. Saat pihak Jepang di tanya mengenai maksud dan tujuan orang Indonesia berkumpul itu pihak tentara Jepang mengatakan bahwa mereka sudah melarang kegiatan apapun di besok tanggal 19 September.

Namun keesokan hari pihak Inggris melihat lain, mereka menyaksikan bagaimana jalan jalan di Jakarta di penuhi ribuan orang dari berbagai pelosok kota Jakarta.

Laporan dari tiap pos Inggris menyatakan masa bergerak ke 1 titik, Lapangan IKADA!

Tentara Inggris segera menyebar intel mereka di sekitar lapangan itu dan yg mereka saksikan adalah sebuah semangat dan keberanian.

Baca Juga:  Asal Tuduh

Kolonel Lawrance van Der Post ikut menyaksikan sendiri peristiwa Lapangan IKADA itu dan hasil laporan nya yang akhirnya merubah pandangan pihak Inggris ke pada Indonesia.

Laporan itu di terima panglima tertinggi SEAC di Singapore yakni Lord Louis Mounbatten. Sejak mendengar kondisi di Jakarta sesungguhnya yang tidak seperti laporan pihak Belanda yg mengatakan tidak ada yg ingin merdeka di Hindia Belanda, bahwa Soekarno itu kolaborator Jepang.

SEAC akhirnya mengambil sikap bahwa Pihak Inggris atau Sekutu tidak ikut campur dalam urusan dalam negri Indonesia dan urusan keamanan di Indonesia setelah SEAC selesai tugas di Jawa akan di serahkan pada Pemerintahan Indonesia.

 

Tags

Leave a Reply

Close