Nasional

Mega & Hasto Yang Tandatangan Surat PAW Harun Masiku

Tanggapan KPU Mengenai Tahanan KPK Menang Pilbup Tulungagung
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman (Foto: istimewa)

JAKARTA, MJNewsKetua KPU Arief Budiman mengatakan, surat permohonan penunjukan Harun Masiku sebagai pengganti almarhum Nazarudin Kiemas sebagai anggota DPR RI dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

“Yang terakhir ya. Permohonan permintaan terakhir iya ditandatangani Ketum dan Sekjen,” kata Arief di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Arief menyebut, hal tersebut merupakan hak yang wajar karena administratif partai memang harus diteken pimpinan partai. Namun atas surat itu, ditolak dalam pleno KPU.

“Tanggal berapa saya lupa. Pokoknya kita rapat pleno tanggal 6 Januari, langsung saya tanda tangan terus tanggal 7 Januari kita kirimkan ke yang meminta,” ujarnya.

Baca Juga:  Subsidi Premium Dihapus, Negara Langgar Konstitusi?

Seperti diketahui, harun diduga telah menyuap komisioner KPU Wahyu Setiawan agar dirinya menjadi pengganti almarhum Nazarudin Kiemas. Untuk uang operasional, Wahyu meminta dana sebesar Rp900 juta.

Harun yang perolehan suaranya lebih rendah dari caleg lain, tidak terpilih dalam rapat pleno KPU, pengganti Nazarudin yang ditetapkan adalah adalah caleg yang perolehan suaranya lebih tinggi atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu pun kemudian masih menyanggupi agar Harun tetap terpilih. Sebagai imbalannya, Wahyu diduga menerima suap senilai Rp 600 juta dari yang dijanjikan Rp900 juta, pada pertengahan dan akhir Desember 2019 melalui orang kepercayaannya Agustiani Tio. KPK pun sudah menetapkan Wahyu dan 3 tersangka lainnya, yaitu Agustiani Tio Fridelina, orang kepercayaan Wahyu Setiawan yang juga mantan anggota Badan Pengawas Pemilu, Harun Masiku, calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP dan Saeful (staf atau kader PDIP). [dba]

Baca Juga:  KPK Resmi Tetapkan Walikota Blitar Tersangka
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close