Internasional

Mantan PM Malaysia Jalani Sidang Pertama Hari Ini

Penyelidikan Mantan PM Malaysia Najib Razak
Mantan PM Malaysia, Najib Razak (Foto: Google Image)

KUALA LUMPUR, MJNews – Hari Rabu (3/4/2019) ini mantan PM Malaysia Najib Razak akan menjalani sidang pertama dugaan perampokan uang miliaran dolar AS di 1Malaysia Development Berhard (1MDB).

Pada sidang hari ini, Najib akan menghadapi tujuh dakwaan korupsi dan pencucian uang terkait dana sebesar 42 juta ringgit dari SRC International, salah satu unit 1MDB. Jumlah itu adalah sebagian kecil dan dana yang disebut dicuri dari 1MDB.

Beberapa hari lalu ribuan warga Malaysia menandatangi petisi agar pengadilan menyiarkan secara langsung sidang pertama tersebut melalui televisi. Namun, Wakil PM Malaysia Wan Azizah Wan Ismail, seperti dikutip dari asiapne.com, mengatakan, kehati-hatian harus tetap dikedepankan agar persidangan ini tidak berubah menjadi sebuah sirkus.

Baca Juga:  AS Minta ke Turki Menyediakan Bukti Rekaman Khashoggi Dibunuh

“Ini di bawah yuridiksi pemerintah. Kita serahkan pada lembaga hukum,” kata Wan Azizah.

Lembaga 1MDB dibentuk oleh pemerintah pimpinan PM Najib Razak pada tahun 2009 dengan tujuan utama mendorong pertumbuhan ekonomi Malaysia. Namun, Najib, keluarganya dan kroni-kroninya diduga menyalahgunakan dana di badan ini.

Aparat penegak hukum di Amerika Serikat menduga dana senilai US$4,5 miliar, setara dengan Rp63,8 triliun dicuri dari 1MDB dan dikirim ke AS, antara lain untuk membiayai film Hollywood dan membeli karya-karya seni, termasuk lukisan Monet dan Van Gogh.

Diduga pula ada aliran dana sebesar US$681 juta, atau sekitar Rp9,6 triliun, ke rekening pribadi Najib menjelang pemilihan umum tahun 2013 lalu.

Baca Juga:  Bom Bunuh Diri di Pakistan, 85 Orang Tewas Saat Rapat Pemilu

Tahun lalu polisi Malaysia menyita barang mewah dari tempat tinggal Najib senilai lebih US$270 juta atau Rp3,8 triliun.

Sejauh ini Najib menyangkal semua tuduhan korupsi di 1MDB.

Tags

Leave a Reply

Close