Kuliner

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

kopi rempah belitar.comKopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, banyak sekali masyarakat yang mengidolakan kopi sebagai minuman favorit mereka. Tidak hanya laki-laki saja yang menikmati “si hitam manis ini”, namun kini pun wanita banyak sekali yang menjadi penikmat kopi sejati. Kita bisa melihat dengan terciptanya budaya “nongkrong” sambil “ngopi” berjam-jam di coffe shop yang sedang menjamur dikalangan masyarakat.

Kopi pertama kali ditemukan oleh orang Ethiopia sekitar 1000 tahun sebelum masehi , ada pula yang menuturkan  800 tahun sebelum masehi. Kala itu kopi hanya terdapat di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia di dataran tinggi, dan kemudian mulai dikenal oleh suku Galla di Afrika Timur. ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Baca Juga:  Indonesia Archipelago Exhibition (ARCHEX) 2018: “Indonesia Specialty Coffee and Tea”

Namun terlepas dari itu semua, ternyata cairan hitam yang memiliki rasa pahit dan manis ini ternyata memiliki manfaat bagi siapa saja yang menikmatinya. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 13 tahun dan melibatkan lebih dari 400 ribu orang yang dilakukan oleh National Cancer Institute dan diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’, menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki risiko kematian dini 16 persen lebih kecil.Kopi yang mengandung senyawa  Kafein kimia alkaloid yang lebih dikenal dengan trimetilsantin dengan rumus molekul kimianya adalah C8H10N402. Sedangkan jumlah kadar kafein yan terdapat dalam kopi adalah berkisar antara 1-1,5%. Bila kopi diminum dalam takaran yang pas dan tepat akan memberikan banyak manfaat kopi untuk kesehatan kita sebagai manusia.

Hal tersebut diperkuat dengan sebuah studi dalam jurnal Cancer Research yang khusus mengamati kafein dalam kopi menunjukkan bahwa peminum kopi akan mempunyai risiko yang lebih rendah untuk terkena karsinoma sel basal. Sehingga dari hal ini bisa dikatakan bahwa ada juga manfaat kopi untuk kecantikan dan kesehatan kulit juga.

Baca Juga:  Keripik Pisang Cavendish

Menurut Seimond Damor, seorang ahli dari Chicago’s Diamond Headache Clinic mengatakan bahwa kandungan kafein yang ada dalam kopi ini dapat mengurangi rasa sakit kepala baik itu migrain karena meminum secangkir kopi hitam yang pekat.

Dibawah ini merupakan beberapa manfaat kopi bagi kesehatan:

  • Menurunkan risiko terkena Penyakit Diabetes
  • Menurunkan risiko terkena Demensia
  • Baik untuk kesehatan kulit
  • Mengurangi risiko penyakit Alzheimer
  • Sebagai bahan anti Oksidan
  • Meningkatkan kemampuan Cognitive
  • Kopi dapat memberi keuntungan bagi kesehatan jantung

Banyak manfaat yang didapat dari meminum kopi dalam takaran yang pas, secangkir kopi dapat memberikan inspirasi dan juga semangat baru bagi penikmatnya. Minum kopi mu jangan biarkan ia lama menunggu.

 

Tags

Leave a Reply

Close