Blitar Kita

KPU Kabupaten Blitar Patuhi Putusan MA Loloskan Bacaleg Mantan Koruptor

KPU Kabupaten Blitar Patuhi Putusan MA Loloskan Bacaleg Mantan Koruptor
(Ilustrasi)

BLITAR, MJNews – Bacaleg Partai Golkar Edy Muklison yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dan dicoret dari daftar caleg sementara (DCS) dipastikan bakal melenggang ke dalam daftar caleg tetap (DCT) Pemilu 2019.

Hal ini dimungkinkan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar telah menerima surat edaran (SE) salinan putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai hasil uji materi pasal 4 ayat 3 Peraturan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Pasca penetapan DCT tahapan yang akan dilaksanakan KPU adalah mengumumkan nama-nama Caleg melalui media massa. Pengumuman itu dilakukan selama tiga hari berturut-turut. “Dalam pengumuman ini tidak ada perlakuan berbeda antara caleg eks koruptor dengan caleg lainnya,” tegasnya.

Baca Juga:  Bupati Blitar Akan Buat Empat Pos Pelayanan E-KTP untuk Kurangi Antrean

Sebelumnya KPU Kabupaten Blitar tidak  memasukan nama Edy Muklison ke dalam DCT meski sudah ada putusan MA tentang hasil uji materi pasal 4 ayat 3 Peraturan KPU (PKPU) nomor 20 tahun 2018.  PKPU itu memuat larangan mantan narapidana korupsi nyaleg. Namun dalam uji materi, MA memutuskan jika eks narapidana kasus korupsi diperbolehkan menjad caleg.

Sekedar mengingatkan, Edy Muklison  pernah menjadi terpidana kasus korupsi sertifikasi tanah massal secara gratis. Kasus tersebut menjerat ketua DPD Golkar Kabupaten Blitar Ketika dirinya  menjabat sebagai Kades Jambewangi Kecamatan Selopuro tahun 2005 lalu.

Sebelum keluar putusan MA  masalah ini sempat dibawa ke sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu yang difasilitasi Bawaslu Kabupaten Blitar. Dalam sidang tersebut Bawaslu mengabulkan gugatan Edy Muklison terhadap KPU.

Baca Juga:  Pawai Budaya Di Hari Jadi Kota Blitar ke 112

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Imron Nafifah menyampaikan, “SE KPU RI itu diterima sehari sebelum penetapan DCT 20 September 2018. Pihaknya mengaku langsung melaksanakan SE tersebut. Dengan memasukan Edy Muklison ke dalam DCT.”

Tags

Leave a Reply

Close