Nasional

KPK Curigai Proses Seleksi Pejabat Kakanwil di Kemenag Jatim

Bahas Rekam Jejak, Tim Pansel Hakim MK Temui KPK
Juru bicara KPK, Febri Diansyah (Foto: Google Image)

JAKARTA, MJNews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencurigai ada kongkalikong dalam pengajuan nama Haris Hasanuddin (HRS) sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

Haris merupakan satu dari tiga tersangka dalam kasus dugaan jual-beli jabatan di Kemenag.

“Karena memang sejak awal kami mengidentifikasi ada dugaan upaya untuk mengubah agar nama HRS masuk dalam tiga nama yg kemudian diusulkan dan akhirnya dipilih Menag,” kata Juru Bicara KPK Febri Dianysah kepada wartawan, Jumat (5/4/2019) malam.

Hal itu pula yang mendasari penyidik memanggil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Sopian Effendi untuk diperiksa sebagai saksi. KPK mendalami bagaimana mekanisme pemilihan pejabat di Kemenag yang berbau suap.

“Yang pasti proses seleksinya dan hubungan Kemenag dan panitia seleksi yang dibentuk KASN dengan Kemenag itu yang didalami lebih lanjut. Karena 2 institusi ini, posisi KASN seperti apa. Itu yang kami dalami dalam rangkaian proses penyidikan ini. Termasuk hari ini kepada KASN,” ungkapnya.

Baca Juga:  FAKTA DIBALIK PELIBATAN PEREMPUAN & ANAK DALAM AKSI TEROR BOM

Haris saat itu mendaftar sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim. Sedangkan Muafaq mendaftar untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Untuk memuluskan proses seleksi jabatan tersebut, Haris mendatangi kediaman Rommy dan menyerahkan uang sebesar Rp 250 juta pada 6 Februari 2019, sesuai dengan komitmen sebelumnya. KPK saat itu menduga telah terjadi pemberian suap tahap pertama.

Pada pertengahan Februari 2019, pihak Kemenag menerima informasi bahwa nama Haris Hasanuddin tidak diusulkan ke Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saefuddin. Pasalnya, Haris diduga pernah mendapatkan hukuman disiplin.

KPK menduga telah terjadi kerjasama antara pihak-pihak tertentu untuk tetap meloloskan Haris Hasanuddin sebagai Kakanwil Kemenag Provinsi Jatim. Haris Hasanuddin selanjutnya dilantik oleh Menag sebagai Kakanwil Kemenag Jatim pada awal Maret 2019.

Baca Juga:  Jokowi Langgar Larangannya Sendiri dengan Izinkan Airlangga Hartato Rangkap Jabatan

Setelah Haris lolos seleksi dan menjabat Kakanwil Kemenag Jatim, Muafaq meminta bantuan kepada Haris untuk dipertemukan dengan Rommy. Haris dan Muafaq diduga memberikan ‘pelicin’ kepada Rommy terkait seleksi jabatan tersebut.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close