Nasional

Kejagung Copot 2 Jaksa Kejati DKI Yang Diciduk KPK

JAKARTA, MJNews – Kejaksaan Agung (Kejagung) mencopot Yadi Herdianto dari Kasubsi Penuntutan Kejati DKI Jakarta dan Yuniar Sinar Pamungkas dari Kasi Keamanan Negara dan Ketertiban Umum (Kamnegtibum) TPUL Kejati DKI Jakarta.

“Karena itu, untuk mempermudah pemeriksaan, pimpinan telah memutuskan melepaskan jabatan struktural terhadap sejumlah pejabat di lingkungan tindak pidana umum di Kejaksaan Tinggi DKI,” ujar Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejagung Jan Samuel Maringka di kantornya, Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Pencopotan ini dilakukan guna mempermudah pemeriksan terhadap keduanya. Baik Yadi maupun Yuniar yang terkena OTT KPK dalam kasus dugaan korupsi akan ditangani oleh Kejagung.

Selain itu, Agus Winoto yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK juga dicopot dari jabatannya untuk sementara dari Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati DKI Jakarta.

Baca Juga:  KPK Bersikukuh Ingin Hadirkan Sjamsul Nursalim Terkait Pengembangan Kasus Korupsi BLBI

“Kami juga melepaskan jabatan struktural terhadap dua jaksa yang ikut serta pada saat itu. Untuk itu, proses pemeriksaan selanjutnya akan segera diserahkan terhadap pelanggaran etik yang dilakukan oleh keduanya maupun yang dijadikan tersangka (Agus Winoto) akan dilakukan oleh pendalaman oleh bidang pengawasan Kejati DKI Jakarta,” ujarnya.

Diketahui, KPK telah menetapkan Aspidum Kejati DKI Agus Winoto sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Selain Agus, pengacara Alfin Suherman dan swasta Sendy Perico ditetapkan tersangka kasus tersebut.

Sendy merupakan pengusaha yang tengah berperkara di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat. Sendy melaporkan pihak lain yang menipu dan melarikan uang investasinya senilai Rp11 miliar. [dba]

Baca Juga:  Kiai Asep, Tokoh PPP Jawa Timur Diperiksa KPK
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close