Nasional

Iwan Bule Akui Bertemu Novel Tapi Tak Tahu Menahu Soal Kasus Penyiraman Air Keras

JAKARTA, MJNewsMantan Kapolda Metro Jaya Komjen M. Iriawan membenarkan pernah beberapa kali bertemu dengan penyidik KPK Novel Baswedan. Namun, Iriawan menegaskan tak tahu menahu soal kasus penyiraman air keras yang menimpa Novel.

“TGPF nanya pernahkah pak Iriawan ketemu Novel (pernah) tapi nggak ada sangkut paut dengan kasus ini, nah mungkin TGPF mungkin merasa saya tahu kasusnya Novel, saya bilang nggak tahu. Kemudian ditanya lagi, kapan lagi pernah ketemu, saya jawab pernah ke rumahnya (Novel) diajak pak Arif juga, waktu itu karena anaknya lahir yang namanya umar, saya silaturahmi ya itu aja udah,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule saat dihubungi, Kamis (11/7/2019).

Iwan Bule juga ditanya soal TGPF yang menyebut pernah memperingatkan Novel akan ada teror. Iwan Bule menyebut peringatan hal itu adalah biasa karena dirinya dan Novel sama-sama seorang penegak hukum.

Baca Juga:  Perlindungan Warga Negara Masih Jadi Persoalan

“Kalau memperingatkan seorang polisi kan wajar saja, apalagi kepada penyiidk KPK ya wajar tapi bukan berarti saya tahu siapa pelakunya dong kan gitu, TGPF seharusnya nyari sekarang nanya siapa pelakunya dari bawah dari TKP bukan dari atas, jadi itu aja,” jelas Iriawan.

Menurut Iriawan, peringatan yang ia berikan untuk Novel adalah hal wajar. Sebab, seorang penyidik yang tengah menangani kasus perlu berhati-hati. Namun, ia kembali menegaskan tak tahu menahu soal teror terhadap Novel.

“Kalau Novel seorang penyidik ya wajar saja, ‘Dek hati-hati ya dalam menyidik’. Kan wajar. Jadi bukan berarti saya tahu itu siapa pelakuknya, bukan,” tegasnya.

Terakhir, Iwan Bule menyebut klarifikasi dengan tim pakar dilakukan pada dua bulan lalu di kantornya. Dalam pertemuan itu, Iwan Bule hanya ditanya seputar pertemuan dengan Novel.

Baca Juga:  Muhammadiyah: Idul Fitri 1439 H, Jatuh Pada Hari Jumat

“Jadi bukan diperiksa ya, kalau pemeriksaan itu pro justisia, apakah anda dalam keadaan sehat, terus diketik. TGPF datang ke kantor kira-kira dua bulan yang lalu lah,” terang dia.

Tim Pakar bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya membuka sosok jenderal bintang 3 yang diperiksa terkait kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan. Adalah eks Kapolda Metro Jaya, Komjen M Iriawan yang diperiksa.

“Iya (betul), sudah lama diperiksa,” kata anggota tim pakar, Hendardi saat dihubungi, Kamis (11/7/2019).

Hendardi mengatakan Komjen M Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule diperiksa sebagai saksi. Iwan Bule ditanya karena disebut-sebut dalam kasus teror terhadap Novel.

Soal isi pemeriksaan tersebut, Hendardi enggan menjawabnya. Ia meminta publik bersabar karena pekan depan tim pakar akan membuka hasil investigasi. “Minggu depan baru diumumkan ya,” katanya. [mkp]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close