Opini

Indonesia Menghadapi Kristal (krisis total)?

Oleh: Andreas Joko Waskito

Paham neo-liberal sudah dibangun lebih dari 50 tahun lalu, dengan tokoh utamanya Friederich von Hayek dan Milton Friedman. Paham ini hakekatnya hendak menciptakan sebuah “global empire”, atau sebagai bentuk penjajahan baru (lihat John Perkins, 2004). Yang berkuasa bukan lagi pemerintah negara-negara bangsa, melainkan korporasinya lembaga-lembaga bisnis internasional.

Guna memfasilitasi semua proses menuju ekonomi liberal tersebut, dengan cara sangat halus, canggih, dan sistematis, berbagai negara berkembang didorong atau dibuat “terpaksa”, untuk mengubah UUD negaranya. Di Indonesia, dengan dalih demokratisasi, dan dengan alasan mengurangi kekuasaan Presiden, maka dilakukanlah amandemen terhadap UUD 1945 yang asli, sebanyak 32 pasal. Hasilnya?

“Inilah cermin bangsa kita. UUD 1945 pasca-amandemen adalah ‘wajah’ kita saat ini,” papar Gunawan Wiradi (GWR), dalam acara ceramah 14 tahun lalu.

Baca Juga:  Mata pelajaran “Kearifan Lingkungan”

Dampak dari semua itu sudah begitu meluas dan mendalam, merasuki seluruh tubuh bangsa. Bukan saja di bidang ekonomi, tapi juga di bidang-bidang lain (sosial, politik, budaya, hukum, dll). sebenarnya semuanya sedang mengalami krisis. Karena itu, di Indonesia, krisis itu disebut sebagai “kristal”, krisis total!

Menurutnya GWR, “Bangsa Indonesia sebagai totalitas sedang mengalami krisis.” Rumusan definisi yang paling sederhana: “Crisis is… an unresolved steering problem” (Kellner, 1998), yaitu persoalan “nyetir”, ke arah mana “mobil” bangsa ini hendak dibawa. Ini artinya telah terjadi krisis kepemimpinan. Indonesia memang sedang mengalami disorientasi, seolah-olah kehilangan arah. Hukum yang tumpang tindih, kriminalitas yang meningkat, soal narkoba, pengangguran, pendidikan yang dikomersialkan, biaya kesehatan yang mahal, dan sebagainya. Semua ini adalah mencerminkan carut-marutnya bangsa Indonesia dewasa ini.

Baca Juga:  Kampanye Hijab

***

DASAR KONSEPSI PANCA CINTA
Penulis: Andreas Joko Waskito
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close