Nasional

Duga Ada Upaya Libatkan Jan Ethes Dalam Kegiatan Kampanye Terbuka, KPAI Kirim Surat ke Bawaslu

Duga Ada Upaya Menarik Jan Ethes Dalam Kegiatan Kampanye Terbuka, KPAI Kirim Surat ke Bawaslu
Komisioner KPAI, Jasra Putra (Foto: Google Image)

JAKARTA, MJNews – Komisi Perlindungan Anak Indonesia menduga ada upaya pelibatan cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes dalam kegiatan politik. Karena itu KPAI berkirim surat ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait hal ini.

Komisioner KPAI Jasra Putra mengatakan jika benar ada upaya melibatkan cucu Jokowi itu ke pusaran politik maka berpotensi melanggar hak anak itu sendiri.

KPAI melihat ini lebih jauh apakah ada upaya secara sistematis ke situ. Dalam hasil kajian kita setelah ini viral, ya tentu terjadi perdebatan pro dan kontra. Maka dua hari yang lalu kita sudah bersurat ke Bawaslu karena sudah ada MoU soal pelibatan anak dalam politik. Dugaan kita ada upaya untuk menarik Jan Ethes dalam arena kontes politik,” kata Jasra Putra dalam diskusi media di Jakarta, Minggu (10/2).

Baca Juga:  Musisi Rock Harry Moekti Tutup Usia

KPAI berharap kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak mengikutsertakan cucunya dalam kegiatan kampanye terbuka.

Hal ini diungkapkan oleh Komisioner KPAI Jasra Putra yang menjelaskan, Undang-Undang perlindungan anak Pasal 35 tahun 2014 menyatakan setiap anak memiliki hak dilindungi dari penyalahgunaan kegiatan politik.

“Setuju atau tidak setuju faktanya video Jan Ethes sudah viral ke publik. Ada yang pro ada yang kontra, nah ini kan kajian sendiri bagi KPAI,” ujarnya.

Dirinya berharap capres nomor urut 01 itu bisa melindungi cucunya dan seluruh anak Indonesia dari kepentingan politik menuju Pemilu 2019 yang tentunya tak menimbulkan polemik.

“Presiden harus menyadarkan publik kalau pelibatan anak dalam politik tentu tidak cocok dalam arena itu,” katanya.

Baca Juga:  Pelni Akhiri Layanan Gratis Angkut Bantuan Bencana
Tags

Leave a Reply

Close