Blitar KitaPilkada

Akibat Kesalahan Administrasi, Kota Blitar Gelar Pilgub Ulang di TPS 8

Kota Blitar Gelar Pilgub Ulang di TPS 8BLITAR, MJNews – Minggu (1/7/2018) TPS 8 Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, menggelar pemilihan ulang. Hal itu terjadi setelah sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mendapat rekomendasi dari Panwaslu untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) akibat ada 12 pemilih tak termasuk daftar pemilih tetap (DPT) memilih tanpa surat keterangan pindah tempat memilih atau formulir A5.

Ketua KPU Kota Blitar Mashudi mengatakan, pelaksanaa pemilihan ini tetap sama seperti sebelumnya. Tata cara maupun peralatan pemungutan yang digunakan tetap sama dengan jumlah pemilih yang sama juga, yakni 353 DPT.

Yang membedakan, hanya undangan untuk memilih atau formulir C6 yang diberikan kepada warga. Ada tulisan PSU di situ.

Baca Juga:  Warga Talun Diamankan Subnit Judi Polres Blitar

Mashudi mengungkapkan, “Alat-alat yang digunakan dan petugasnya tetap sama, mulai dari KPPS dan lainnya sama. Yang beda hanya C6 di pojok atas ada tulisan PSU yang artinya pemilihan ulang.”

Sementara, Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Provinsi Jawa Timur Totok Harianto mengatakan, dalam pemilihan kali ini, dia tidak menemukan kesalahan yang fatal. Hanya terjadi kesalahan administrasi. Itu pun tidak disengaja. Sehingga, sebagai sanksi, hanya perlu melakukan pemilihan suara ulang.

“Itu hanya faktor ketidaktahuan atau kesalahpahaman dari KPPS. Sejauh itu tidak ada faktor kesengajaan. Maka sanksi administrasinya adalah pemilihan ulang,” ujarnya.

 

 

 

 

 

Tags

Leave a Reply

Close