Blitar Kita

Bawaslu Kabupaten Blitar Menangkan Gugatan Bacaleg Mantan Koruptor

KPU Kota Blitar Penertiban APK Pilgub JatimBLITAR, MJNews – Gugatan yang diajukan Ketua DPD Partai Golkar Edy Muklison terkait mantan koruptor yang dilarang maju oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon anggota legislatif (caleg) dimenangkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar.

Bawaslu mengabulkan seluruh permohonan pemohon dengan berpijak pada UU nomer 7 tahun 2017 tentang syarat Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Dalam pembacaan putusan sidang ajudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu komisioner Bawaslu menyatakan putusan tersebut telah sesuai dengan undang-undang (UU).

Sebelumnya, Edy Muklison dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Kabupaten Blitar karena berstatus mantan napi korupsi. Edy sempat terjerat kasus korupsi sertifikasi tanah massal secara gratis saat menjabat sebagai Kades Jambewangi Selopuro pada tahun 2005.

Baca Juga:  Pernyataan Sikap KRPK: TOLAK PASAL-PASAL RKUHP YANG LEMAHKAN KPK !!!

Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar, Hakam Solahudin, menyampaikan mengenai hal tersebut pada Selasa (4/9/2018), “Seluruh permohonan yang diajukan pemohon seluruhnya lengkap dan sah. Pemohon juga sudah mengumumkan pada publik jika dia pernah menjadi terpidana kasus korupsi.”

Menanggapi hal ini komisioner KPU Kabupaten Blitar sebagai pihak tergugat dalam persidangan mengatakan, sikap KPU  terkait putusan ini  akan  menunggu putusan Mahkamah Agung terkait uji materi larangan bagi mantan koruptor menjadi caleg.

Tags

Leave a Reply

Close