Internasional

AS Tuding Iran Serang Dua Kapal Tanker di Teluk Oman

Menlu AS Promosikan Indo-Pasifik ke Pertemuan ASEAN
Menlu Amerika Serikat, Mike Pompeo (Foto: Google Image)

WASHINGTON DC, MJNews – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, menuding Iran melakukan “serangan-serangan tanpa diprovokasi” terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman.

Pompeo mengatakan AS telah membuat tinjauan tentang tipe senjata yang digunakan dalam serangan berdasarkan laporan intelijen. Demikian BBC, Jumat (14/6/2019).

Sebelumnya, seorang pejabat senior Iran menegaskan kepada BBC bahwa Iran tidak ada kaitannya” dengan rangkaian ledakan pada Kamis (13/6/2019) pagi itu.

“Seseorang berusaha menggoyah hubungan Iran dengan masyarakat internasional,” tambahnya.

Puluhan anak buah kapal berhasil diselamatkan setelah ledakan terjadi pada kapal Kokuka Courageous dan kapal Front Altair. Operator kapal Kokuka Courageous mengatakan 21 anak buah kapal (ABK) telah dievakuasi. Adapun operator kapal Front Altair milik Norwegia mengatakan 23 ABK juga berhasil dievakuasi.

Baca Juga:  Guns and Human Blood: The United States Needs Help

Baik Iran maupun AS masing-masing mengklaim telah mengevakuasi para kru kapal.

Menurut media pemerintah Iran, 44 orang diselamatkan setelah terjadi “kecelakaan”, meskipun belum diketahui apakah benar-benar kecelakaan atau sebab lain.

Angkatan Laut AS yang berada di sekitar lokasi kejadian mengatakan pihaknya menerima dua panggilan darurat dan menyelamatkan sejumlah ABK.

Peristiwa ini terjadi satu bulan setelah empat kapal minyak diserang di perairan Uni Emirat Arab. [sumber: bbc]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close